Minggu, 15 November 2009

Kenapa Kita Berkeringat Ya…

fictions_CacingKepanasan

Udara yang panas, dan bikin gerah, membuat kita berkeringat. Kadang keringat sampai membasahi baju kita dan bikin gerah, keringat sering muncul di sekitar dahi, ketiak, leher, yah.. dapat dikatakan seluruh kulit mengeluarkan keringat, secara ya… permukaan kulit kan memiliki pori2 untuk mengeluarkan keringat

Sebenernya, kenapa sich kita berkeringat dan apa fungsi dari keringat selain membuat kita terkena bau badan?

Tubuh ita memiliki sebuah sistem regulasi homeostasis yang kompleks. Nah, berkeringat merupakan salah satu dari sistem tersebut. Apa itu? akan saya beri sedikit gambaran…

Menurut Walter Canon (1932) homeostasis adalah suatu sistem terbuka terutama dalam tubuh makhluk hidup untuk menjaga/mempertahankan sistem internalnya agar tetap konstan melalui beberapa mekanisme pengaturan-pengaturan tubuh yang dinamis.

sweat-main_FullSaat kita kepanasan, secara otomatis mekanisme tubuh akan memberikan reaksi untuk menjaganya agar pada kondisi konstan. Hal ini juga terjadi saat kita merasa dingin.

Salah satu cara untuk menjaga suhu tubuh agar tetap konstan adalah dengan berkeringat. pada kondisi lingkungan yang panas, tubuh mengeluarkan keringat dengan tujuan agar keringat tersebut dapat menurunkan suhu tubuh secara alami. Keringat merupakan cairan yang dapat menguap, menguap membutuhkan panas. Panas tersebut diambil dari kondisi panas tubuh kita. sehingga secara otomatis, panas tubuh kita terserap dan suhu tubuh dapat menurun dengan adanya penguapan tersebut.

Dapat dibayangkan, bagi orang yang sel kulitnya rusak, dalam artian kelenjar keringatnya rusak sehingga tidak dapat memproduksi keringat saat panas pasti akan merasa sangat tersiksa, ibarat kue yang terpanggang tanpa diolesi mentega, gosong. seperti halnya kulit kita.

Bagi beberapa hewan, menurunkan suhu tubuh saat udara panas dapat dengan cara yang berbeda-beda. Seperti anjing misalnya. Hewan tersebut tidak dapat berkeringat, sehingga akan menjulurkan lidahnya untuk melakukan penguapan , maka suhu tubuhnya kembali konstan.

Jadi, jangan takut atau kesal saat kita berkeringat ya, karena keringat memiliki peran besar dalam mempertahankan temperatur tubuh. Asalkan, kita harus rajin menjaga kebersihan, agar bakteri tidak berkembang, sehingga badan kita tidak menjadi bau..

http://turbinaria.wordpress.com/2009/07/16/kenapa-kita-berkeringat-ya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar